Walkie Talkie Android: Komunikasi Antar Tim Tak Terbatas Jarak dan Jangkauan - Digitalkie

Walkie Talkie Android: Komunikasi Antar Tim Tak Terbatas Jarak dan Jangkauan

by | May 3, 2024 | Aplikasi HT Digital

Pelajari bagaimana walkie talkie android memiliki peranan penting untuk komunikasi antar tim dengan tanpa batasan jarak. Simak Selengkapnya!

Dibalik keberhasilan sebuah organisasi maupun perusahaan industri, komunikasi antar tim memegang peranan penting didalamnya. Tidak ada pekerjaan maupun operasi maupun fungsi yang dapat dilakukan tanpa adanya komunikasi yang efektif. Namun dalam prosesnya sering kali terdapat faktor-faktor penghambat seperti keterbatasan jarak dan tempat.

Penting untuk menghilangkan jarak pada sistem komunikasi untuk tetap menjaga komunikasi efektif. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengadopsi perangkat komunikasi walkie talkie. Sarana komunikasi yang telah dipopulerkan sejak Perang Dunia 1 ini, menawarkan metode komunikasi sederhana dan cepat. Namun seiring perkembangan teknologi walkie talkie yang telah beredar menunjukan tingkat penurunan fungsi.

Walkie talkie memiliki keterbatasan jangkauan konektivitas yang justru melahirkan tantangan baru saat berkoordinasi di lapangan. Umumnya, walkie talkie dengan power rata-rata 4-5 Watt memiliki kemampuan yang tidak melebihi 3 km. Kemampuan ini pun juga sering terhalang oleh beberapa faktor seperti power, panjang area, bahkan faktor lingkungan seperti adanya penghalang maupun suhu disekitar.

Komunikasi Tim dengan Walkie Talkie Android

Sebagai solusi strategis komunikasi tim lapangan, saat ini tengah berkembang perangkat komunikasi modern berbasis aplikasi yang bisa diinstal di ponsel pintar yaitu walkie talkie android. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, walkie talkie telah berevolusi menjadi ponsel pintar canggih.

Walkie Talkie Android merevolusi komunikasi dengan menggantikan kebutuhan perangkat keras walkie talkie yang masih tradisional. Berbagai aktivitas baik di dalam ruangan, kebutuhan berbagai industri hingga komunikasi di daerah terpencil menjadi lebih mudah dengan menggunakan walkie talkie android. Hal ini merubah metode komunikasi Anda sehingga prosesnya dapat lebih lancar dan efisien.

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa walkie talkie akan mengandalkan sinyal radio ketika ingin menggunakannya. Kini, dengan teknologi push-to-talk berbasis seluler, perangkat tersebut dapat membantu menghubungkan Anda dengan tim maupun tim Anda yang tersebar di seluruh penjuru dunia. 

Platform HT Digital

1. Jangkauan Tak Terbatas

Walkie Talkie Android mempunyai karakteristik khusus yang menjadikan perangkat ini berbeda dengan walkie talkie pada umumnya. Menggunakan konektivitas internet seluler, aplikasi walkie talkie ini memungkinkan jangkauan komunikasi Anda lebih luas. Hal ini juga memungkinkan konektivitas yang lebih instan dengan anggota tim dimanapun mereka berada dengan menggunakan jaringan 4G, 5G maupun Wifi. 

Tentunya kemampuan jangkauan adalah faktor krusial untuk dipertimbangkan. Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk beroperasi dalam jarak yang jauh. Kapabilitas komunikasi jarak jauh sangat dibutuhkan oleh berbagai industri dan beberapa skenario industri yang mengharuskan koordinasi jarak jauh yang andal.

Didukung oleh infrastruktur seluler, aplikasi ini menghapus kebutuhan perangkat keras tambahan serta dapat menghubungkan para user dalam jarak jauh dengan lebih lancar. Selain itu, faktor kenyamanan dalam penggunaannya lebih baik seperti mudah dibawa kemana-mana sehingga aplikasi ini dapat menjadi pilihan tepat untuk koordinasi jarak jauh pada situasi tertentu.

2. Tanpa Izin Frekuensi

Ketika walkie talkie pada umumnya, wajib bagi Anda untuk mempunyai izin frekuensi resmi dari Kominfo. Walkie Talkie tradisional menggunakan spektrum frekuensi radio sehingga mengharuskan Anda memiliki izin Stasiun Radio (ISR) yang diterbitkan secara langsung oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Menggunakan walkie talkie android, Anda sudah tidak perlu lagi mengurus perizinan frekuensi. Berkat kemampuannya menghubungkan komunikasi dengan konektivitas internet seluler, Anda cukup melakukan registrasi dan pembuatan akun secara mandiri.

Hal ini tentunya dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi perusahaan. Karena Anda tidak perlu meluangkan waktu dan menunggu perizinan yang panjang untuk menggunakan alat komunikasi ini.

Umumnya proses perizinan frekuensi radio membutuhkan 44 hari kerja dengan 6 tahapan yang harus dilalui mulai dari data entry, analisa teknis, otorisasi, cetak spp, payment hingga cetak ISR. Dimana proses data entry dan penganalisa teknis masing-masing membutuhkan waktu kurang lebih 20 hari kerja.

3. Menekan Biaya Operasional

Ketika menggunakan walkie talkie konvensional, tentu Anda harus berinvestasi dalam pengadaan perangkat dan pembangunan tower repeater. Hal ini dilakukan untuk mendukung fungsionalitas walkie talkie dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Namun, bila Anda sudah mengimplementasikan walkie talkie android, secara otomatis Anda dapat berhemat dengan tidak mengeluarkan budget pengadaan perangkat maupun pembangunan tower. Artinya aplikasi walkie talkie berbasis android tidak hanya memfasilitasi komunikasi namun juga menawarkan solusi tepat dalam meningkatkan efisiensi budget pengadaan.

4. Meningkatkan Keamanan Komunikasi

Perusahaan maupun industri identik dengan banyaknya data dan beberapa data yang bersifat sensitive. Dalam memenuhi kebutuhan akan keamanan data, walkie talkie android hadir didukung dengan fitur keamanan untuk melindungi seluruh data user dan informasi-informasi didalamnya.

Seluruh komunikasi menggunakan aplikasi walkie talkie dienkripsi dengan baik pada perangkat pengirim dan hanya dapat dienkripsi oleh penerima yang dituju. Sehingga dapat meminimalisasi risiko intersepsi maupun pengambilan pesan oleh pihak yang tidak berwenang.

Implementasi Walkie Talkie Android di Berbagai Industri

Berkat kemampuannya dalam menyederhanakan proses komunikasi dan koordinasi, walkie talkie android sering disebut dengan one stop communication atau solusi komunikasi terpadu. Hal ini tentunya sangat tepat digunakan untuk diimplementasikan di berbagai industri

Contohnya pengimplementasiannya pada perusahaan konstruksi yang memanfaatkan aplikasi ini untuk menjaga komunikasi efektif antar pekerja yang tersebar di titik lokasi konstruksi besar. Demikian pula, untuk Satuan Pengamanan dan Penyelamatan yang sangat bergantung pada komunikasi dan koordinasi operasi di wilayah yang luas.

Contoh industri lainnya yang dapat diuntungkan menggunakan walkie talkie android adalah manajemen acara, kawasan industri dan transportasi yang dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk komunikasi jarak jauh. Dengan kemampuan pengiriman informasi krusial dan cepat dengan jarak yang jauh dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi pada sektor-sektor tersebut dengan lebih signifikan.

Masa Dengan Menggunakan Walkie Talkie Android

Walkie Talkie Android mempunyai berbagai kemungkinan-kemungkinan menarik. Kemajuan teknologi yang semakin pesat dan berkelanjutan mendorong meningkatnya jangkauan komunikasi dan kehandalannya. Misalnya dengan munculnya jaringan 5G, aplikasi walkie talkie dapat memanfaatkan kekuatan koneksi seluler yang lebih cepat sehingga memungkinkan jangkauan yang lebih luas dan kemampuan komunikasi lebih baik. Tentunya hal ini dapat menjadi jaminan peningkatan komunikasi dan konektivitas baik untuk industri maupun individu.

Kesimpulannya, perangkat walkie talkie telah berevolusi dari perangkat komunikasi dasar menjadi perangkat komunikasi berbasis seluler dengan memanfaatkan teknologi canggih. Dengan memahami cara kerja, kemampuan jangkauan, dan kelebihan lainnya untuk industri, sangat penting dalam memanfaatkan potensi semaksimal mungkin. Mulai dari industri konstruksi, layanan pengamanan, penyelamatan dan industri krusial lain, aplikasi ini memfasilitasi komunikasi jarak jauh yang andal.

Seiring kemajuan teknologi, aplikasi ini dapat menjadi solusi dan alternatif komunikasi tim secara efisien. Sementara di masa depan tentunya berpeluang dalam menggunakan sarana komunikasi ini.

Temukan walkie talkie android jarak jauh yang tepat untuk industri Anda disini!

Apa itu aplikasi Digitalkie

Solusi HT POC Digital dengan benefit terbaik untuk bisnis Anda. Efisiensi, efektivitas, skalabilitas serta total kontrol untuk koordinasi dan komunikasi tim lapangan Anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?