Perbedaan Jarak Frekuensi HT dengan Digitalkie - Digitalkie

Perbedaan Jarak Frekuensi HT dengan Digitalkie

by | Apr 26, 2024 | Aplikasi HT Digital

Jarak frekuensi HT ternyata mempengaruhi jangkauan komunikasi yang terjadi. Apa perbedaannya dengan aplikasi HT Digitalkie? Mana yang lebih efektif?

HT tradisional telah menjadi alat komunikasi yang reliabel bagi berbagai sektor industri. Baik untuk aktivitas pengamanan, konstruksi dan transportasi, kawasan industri, retail maupun industri lainnya. Namun anggapan menggunakan HT merupakan langkah efisien nampaknya perlu dipertanyakan lagi. Hal ini dikarenakan dalam penggunaannya terdapat tantangan yang dapat mempengaruhi kinerja HT.

Tentunya dalam menanggapi tantangan yang ada, diperlukan solusi strategis agar penggunaan HT dapat berjalan dengan maksimal sehingga dapat menikmati keseluruhan fungsi HT. Simak panduan berikut ini sehingga dapat meningkatkan pengalaman komunikasi Anda!

Mengenal Frekuensi HT

Ketika berbicara mengenai HT, tentu berkaitan erat dengan yang dinamakan frekuensi. Hal ini merujuk pada rentang frekuensi radio yang digunakan oleh perangkat HT. Frekuensi merupakan salah satu faktor kunci yang esensial untuk menentukan kinerja dan jangkauan jarak frekuensi/komunikasi dari perangkat tersebut.

Sebelum menggunakan HT, penting bagi Anda untuk memahami frekuensi HT. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pelanggaran terhadap peraturan pemerintah yang telah ditetapkan. Di Indonesia sendiri, frekuensi radio telah diatur dan memiliki regulasi yang resmi dari pemerintah. Hal ini tertuang pada Undang-Undang No 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi yang menjelaskan aturan penggunaan frekuensi radio.

Selain itu, terdapat 3 langkah penting yang tidak bisa Anda lewatkan sebelum menggunakan HT seperti:

1. Perizinan Frekuensi

Sebelum mengetahui tentang kemampuan jangkauan jarak frekuensi HT untuk komunikasi, hal pertama adalah ketahui mengenai perizinan frekuensi. Para pengguna perangkat HT wajib mengantongi izin frekuensi resmi dari Kominfo sebelum menggunakannya. Hal ini penting dilakukan karena selain spektrum frekuensi radio yang terbatas, frekuensi radio juga termasuk sumber daya alam yang dikuasai negara. Sehingga setiap orang atau organisasi yang ingin menggunakan frekuensi radio sangat wajib memilikinya.

Perizinan Stasiun Radio (ISR) merupakan perizinan resmi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika yang wajib Anda miliki sebelum menggunakan perangkat HT.

Pengurusan izin ini umumnya membutuhkan standar waktu pengurusan berkisar 44 hari kerja yang terdiri dari 6 tahapan. 6 Tahapan ini mencakup proses data entry, analisa teknis, otorisasi, cetak spp, payment hingga cetak ISR. Proses data entry dan penganalisa teknis masing-masing membutuhkan waktu kurang lebih 20 hari kerja.

2. Pendistribusian Spektrum Frekuensi

Hal kedua yang penting untuk dipahami adalah distribusi atau alokasi frekuensi yang telah ditentukan. Distribusi spektrum frekuensi juga telah diatur oleh pemerintah. Sehingga penting bagi Anda untuk mengerti secara detail mengenai penjelasan distribusi spektrum frekuensi saat pembelian HT.

Pastikan Anda sudah mengurus perizinan frekuensi HT terlebih dahulu sebelum membeli perangkat HT. Kesalahan yang kerap kali terjadi di lapangan adalah ketika pengguna sudah terlanjur membeli perangkat HT namun belum atau bahkan tidak mendapat izin. Tentunya ini akan menimbulkan kerugian bagi pengguna bukan?

3. Sertifikasi Perangkat HT

Dalam memilih perangkat HT, Anda tidak bisa membeli tanpa mengetahui terlebih dahulu sertifikasi HT tersebut. Saat Anda mengurus proses perizinan, secara otomatis Anda akan diminta menunjukan sertifikasi HT yang Anda miliki. Sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan dan teliti ketika memilih perangkat.

Memahami Jarak Frekuensi HT

HT merupakan sarana komunikasi yang menghubungkan point to point artinya hanya bisa digunakan antar HT saja. Komunikasi menggunakan HT sendiri memiliki kecenderungan terbatas dengan jangkauan jarak frekuensi HT. Tidak jarang pengguna HT merasa dirugikan dan kecewa karena baru mengetahui adanya keterbatasan jarak frekuensi HT. 

Dengan adanya keterbatasan dan kekecewaan dari pengguna, membuat para penjual dan website penjualan HT melakukan overclaim terhadap HT yang dijual. Salah satunya adalah memiliki jangkauan jarak frekuensi yang lebih jauh. Karena overclaim tersebut, mereka cenderung mematok harga HT dengan nilai yang fantastis. Faktanya apapun jenis atau brand perangkat HT yang beredar tetap memiliki keterbatasan atau limitasi jarak frekuensi yang rata-rata hampir sama.

Pada umumnya, jarak jangkauan maksimal HT untuk berkomunikasi dengan baik adalah kira-kira 1 hingga 5 KM saja di perkotaan. Namun, perlu Anda ingat bahwa kemampuan jangkauan ini juga sering terhalang oleh beberapa faktor seperti luas area, hingga faktor lingkungan seperti adanya penghalang (gedung, pohon, dll) bahkan suhu disekitar. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi jangkauan HT menjadi berkurang bahkan hanya 500 meter saja.

Ingin Menambah Jangkauan Jarak Frekuensi HT?

Adanya keterbatasan dan limitasi jangkauan jarak frekuensi HT, membuat para penggunanya bertanya-tanya apakah jangkauan jaraknya bisa ditambah? Jawabannya bisa saja, namun ada hal-hal yang harus dipersiapkan.

Kerap kali terjadi ketika pengguna melakukan penggantian antena mereka dengan jenis antena yang lebih panjang. Padahal kenyataannya penambahan ini tidak langsung menyelesaikan permasalahan sebaliknya hal ini justru menimbulkan permasalahan baru. Penggantian antena yang dimaksudkan menambah jangkauan jarak frekuensi HT justru mengurangi umur pemakaian perangkat. Artinya hal ini justru mempercepat kerusakan dan dapat memicu gangguan mobilitas pengguna HT.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan pembangunan penguat sinyal atau repeater. Prinsip kerja repeater adalah menerima sinyal lemah yang kemudian dipancarkan secara otomatis dengan power yang lebih besar dan kuat. Sehingga untuk mengoptimalkan jangkauan, Anda harus memperhatikan lokasi dan peletakan repeater tersebut. 

Pada umumnya, penempatan repeater ditempatkan di ketinggian. Semakin tinggi posisi antena repeater maka semakin luas jangkauannya. Maka sebelum melakukan pembangunan tower repeater, terlebih dahulu buat budgeting mengenai rencana pembangunannya.

Lalu apakah usaha ini akan berjalan efektif di jangka panjang? Adakah strategi atau alternatif komunikasi yang tidak dibatasi oleh jarak frekuensi HT?

Menerapkan Strategi Komunikasi Modern: Komunikasi Tanpa Batas Jarak Frekuensi

Pada hakekatnya, tujuan dan kunci dari komunikasi HT adalah kemampuannya untuk menghubungkan antar individu atau user di beberapa lokasi. Hal ini akan lebih optimal jika komunikasi tidak pernah terputus dan terhalang karena keterbatasan salah satunya jangkauan jarak frekuensi HT.

Karenanya Anda perlu beralih dengan cara komunikasi yang lama dan mulai mengadopsi strategi komunikasi modern yang dapat diterapkan ke seluruh sektor industri. Strategi komunikasi ini dapat Anda lakukan dengan cara mengimplementasikan aplikasi HT yang lebih modern.

Platform HT Digital

HT Digitalkie : Platform Komunikasi Modern

HT Digitalkie merupakan platform komunikasi modern berbasis aplikasi terpopuler yang digunakan untuk berkomunikasi dan koordinasi di lapangan. Dalam mendukung fungsionalitasnya, Digitalkie dibekali oleh berbagai keunggulan dibanding menggunakan HT tradisional diantaranya:

1. Komunikasi Tak Terbatas Jarak Frekuensi HT

Sebagai platform komunikasi berbasis aplikasi, Digitalkie memiliki keunggulan dalam hal jangkauan jarak yang tidak terbatas oleh jarak geografis. Hal ini berkat konektivitas atau jaringan internet yang digunakan dalam mengoperasikan Digitalkie. 

Berkat konektivitas yang instan dan cepat, Anda tidak perlu lagi memanggil lawan bicara menggunakan nomor dan menunggu panggilan tersebut tersambung. Ini merupakan pertimbangan yang menarik terlebih bagi Anda yang memiliki tim lapangan yang tersebar di beberapa lokasi. 

Kemampuan jangkauan jarak frekuensi HT Digitalkie tidak hanya menjangkau kdi beberapa area kerja saja, bahkan dapat digunakan untuk cakupan internasional. Tentunya Digitalkie dapat menjadi solusi strategis yang lebih mudah digunakan dan diakses untuk Anda dan tim yang beroperasi secara global.

2. Menghemat Waktu Terpenting Anda

Selain memfasilitasi komunikasi tanpa jangkauan jarak frekuensi HT, Digitalkie jelas mendorong efisiensi bisnis dari segi waktu. Dengan teknologi berbasis aplikasi, Anda tidak perlu meluangkan waktu penting Anda untuk melakukan perizinan frekuensi yang cenderung memiliki proses yang lama. 

Dengan mudah, Anda dapat secara langsung mengunduh dan menginstal aplikasi di ponsel pintar atau tablet. Anda cukup melakukan registrasi di awal sebelum menggunakannya.

3. Menekan Biaya Operasional

Selain efisiensi dalam hal waktu, Anda juga dapat menekan biaya atau budget operasional. Menggunakan HT tradisional mengharuskan Anda melakukan investasi di awal baik pengadaan perangkat maupun pembangunan tower repeater agar mendorong fungsionalitas HT.  

Akibatnya, hal ini mendorong pembengkakan biaya operasional pengadaan barang yang jumlahnya cukup fantastis. Namun, ketika Anda sudah menggunakan aplikasi HT Digitalkie, tentunya Anda dapat menghapus biaya pengadaan barang dan pembangunan tower repeater.

Tingkatkan Efisiensi dengan Strategi Komunikasi Modern

Ketika Anda ingin memilih perangkat komunikasi HT, Anda tentu harus mempertimbangkan banyak aspek seperti perizinan frekuensi, kemampuan jangkauan jarak perangkat HT dan perangkat HT itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar karena adanya kesalahan memilih perangkat HT.

Namun, untuk mengatasinya Anda juga dapat menerapkan solusi yang lebih praktis dengan mengadopsi aplikasi HT Digitalkie yang memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari kemampuannya menjangkau komunikasi tanpa jarak frekuensi HT, fleksibilitas tanpa membeli perangkat keras lagi dan nilai ekonomisnya. Bisnis yang dikenal dengan nilai efisiensinya, tentu sangat membutuhkan Digitalkie sebagai solusi komunikasi. 

Apabila Anda sedang memikirkan solusi komunikasi efektif tim lapangan Anda, segera hubungi tim Digitalkie sekarang juga!

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?