Mendalami Aplikasi Handy Talky Terbaik: Fitur, Keunggulan, hingga Penerapannya di Industri - Digitalkie

Mendalami Aplikasi Handy Talky Terbaik: Fitur, Keunggulan, hingga Penerapannya di Industri

by | Apr 25, 2024 | HT Digital

Ketahui lebih dalam tentang Aplikasi Handy Talky mulai dari fitur, keunggulan dan manfaatnya untuk diterapkan di Industri Anda!

Komunikasi antar tim merupakan elemen terpenting untuk mencapai tujuan perusahaan. Studi yang dilakukan oleh Arthur J. Gallagher & Co menunjukan bahwa 60% industri yang tidak memiliki komunikasi tim yang baik kehilangan rata-rata $62,4 juta per tahunnya. Oleh karenanya, komunikasi tim harus tetap terjalin sehingga dapat menyelaraskan informasi dan instruksi yang harus dilaksanakan. Terlebih komunikasi tim yang dilakukan di lapangan, tidak hanya dibutuhkan untuk saling berkoordinasi namun juga dapat memberikan respon secepat mungkin ketika ada hal-hal yang terjadi. 

Dalam mendukung komunikasi tim lapangan, biasanya beberapa anggota tim akan dibekali oleh handy talky. Handy talky atau HT merupakan seperangkat alat komunikasi yang memungkinkan penggunanya berbicara dengan menggunakan gelombang radio. Sayangnya, tidak semua personil dibekali oleh HT karena berbagai hal salah satunya adalah biaya pengadaan perangkat yang cenderung tinggi.

Mengenal Aplikasi Handy Talky

Seiring evolusi digital saat ini nyatanya juga memberikan pengaruh terhadap alat komunikasi HT. Hal ini ditandai dengan mulai munculnya aplikasi handy talky yang mengubah smartphone menjadi perangkat HT. Artinya seluruh personil dapat menggunakannya tanpa harus menambah biaya pengadaan perangkat maupun faktor lainnya.

Aplikasi Handy Talky merupakan platform komunikasi yang dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi efektif dalam lingkungan terdistribusi termasuk area industri. Aplikasi ini memungkinkan Anda berkomunikasi sama halnya saat menggunakan handy talkie. Cukup melakukan instal aplikasi, Anda sudah dapat menggunakannya untuk berkomunikasi. 

Digitalkie merupakan salah satu aplikasi handy talky yang hadir dengan teknologi canggih untuk memfasilitasi percakapan antar tim atau personil. Tidak seperti HT pada umumnya, aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan manfaat dengan hadirnya fitur-fitur pendukung di dalamnya. Sehingga memanfaatkan Digitalkie tidak hanya mendukung komunikasi antar tim namun juga memberikan lebih dari sekedar komunikasi.

Fitur Aplikasi Handy Talky Digitalkie

Dalam mendukung proses komunikasi, Digitalkie dilengkapi dengan berbagai kemudahan lewat fitur-fitur didalamnya. Fitur-fitur ini tidak hanya sekedar pendukung komunikasi namun juga telah disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi khususnya komunikasi bisnis.

1. Push-to-Talk

Fitur Push-to-Talk (PTT) pada aplikasi handy talky memungkinkan pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi secara real-time dengan anggota tim tanpa perlu menunggu panggilan telepon maupun pesan teks yang terkadang memerlukan waktu lebih lama untuk merespons. Cukup dengan menekan tombol PTT, pengguna dapat langsung menyampaikan pesan atau instruksi kepada penerima secara instan. 

Fitur PTT ini sangat bermanfaat dalam situasi-situasi di mana respons cepat diperlukan, seperti koordinasi tugas di lapangan, manajemen keadaan darurat, atau situasi kritis dalam pengelolaan kawasan industri. Selain itu, fitur PTT juga memungkinkan komunikasi yang efisien di antara anggota tim yang berada di lokasi yang berbeda atau dalam lingkungan kerja yang bising. 

2. Channel Selection

Fitur Channel Selection memungkinkan pengguna untuk memilih saluran komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pengguna dapat mengakses berbagai saluran atau kanal komunikasi yang telah ditentukan, contohnya channel yang dibuat berdasarkan divisi departemen, proyek khusus, atau tujuan komunikasi tertentu. 

Misalnya, ketika Anda bertugas sebagai leader yang harus mengkoordinasi seluruh kegiatan. Anda akan masuk ke dalam beberapa saluran yang terbagi berdasarkan area kerja atau jenis kegiatan, seperti produksi, logistik, atau pemeliharaan. Anda dapat dengan mudah beralih antara saluran yang berbeda sesuai dengan topik atau kegiatan yang sedang mereka hadapi. 

Selain kemudahan perpindahan saluran, fitur ini juga mendukung komunikasi yang lebih terfokus dan efisien, karena memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam diskusi yang relevan dengan bidang kerja mereka.

3. Chat & Multimedia

Fitur chat & multimedia memfasilitasi pengguna untuk dapat mengirim pesan teks, foto, video, atau file lainnya kepada anggota tim lain. Fitur ini juga dapat memperkaya pengalaman komunikasi dengan penyampaian pesan lebih jelas melalui gambar, video, atau rekaman suara. Misalnya, pada lingkungan kawasan industri, pengguna dapat saling membagikan foto inspeksi, petunjuk pemeliharaan, atau informasi update proyek. 

4. SOS Button

SOS Button merupakan fitur penting pada aplikasi handy talky yang dirancang untuk situasi darurat atau keadaan darurat yang memerlukan respon cepat. Pengguna dapat menekan SOS button untuk mengirimkan peringatan atau panggilan darurat sehingga pengguna lain dapat bertindak lebih cepat. 

Ketika tombol SOS ditekan, aplikasi secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan darurat dan memberitahu mereka tentang lokasi pengguna terkait. Fitur ini penting peranannya terlebih pada situasi-situasi darurat di lapangan, di mana pengguna mungkin membutuhkan bantuan segera, seperti kecelakaan, ancaman keamanan, atau situasi medis mendesak. Hal ini tentunya dapat menjadi perlindungan tambahan bagi pengguna di lingkungan kerja yang mungkin memiliki risiko atau tantangan khusus. 

5. Rekaman Suara

Fitur selanjutnya pada aplikasi handy talky Digitalkie yang tidak kalah pentingnya adalah perekam suara. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam pesan suara secara instan dan mengirimkannya kepada rekan kerja atau anggota tim dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat dengan cepat merekam pesan suara yang jelas dan detail. 

Hal ini tentunya cocok digunakan pada lingkungan kerja yang dinamis, seperti di kawasan industri atau di lapangan. Hasil rekaman suara ini dapat didengarkan secara berulang, sehingga apabila Anda ingin memberikan instruksi penting untuk anggota, fitur ini bisa Anda gunakan sebagai pengingat bagi tim Anda.

6. Laporan Kejadian

Untuk meningkatkan kualitas komunikasi tim lapangan, aplikasi handy talky Digitalkie sudah dilengkapi fitur laporan kejadian. Fitur ini membantu Anda dalam membuat, mengirimkan, dan mengelola laporan terkait kejadian atau insiden yang terjadi di lingkungan kerja atau di sekitar kawasan industri. 

Pengguna dapat melaporkan secara detail kejadian, termasuk informasi lokasi, waktu, deskripsi, dan lampiran berupa foto atau video sebagai bukti. Laporan kejadian ini dapat berkisar dari kejadian keamanan, insiden kesehatan dan keselamatan kerja, hingga masalah operasional atau peralatan. Laporan yang dibuat, akan dikirimkan kepada manajemen, departemen, atau pihak yang bertanggung jawab untuk tindakan lebih lanjut. 

7. Who’s Speaking

Sesuai dengan namanya, fitur “Who’s Speaking” digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak pembicara dalam percakapan grup atau panggilan konferensi. Secara otomatis, fitur ini menampilkan nama atau identitas pengguna yang sedang berbicara pada saat tertentu dalam percakapan. Pengguna dapat dengan mudah mengetahui siapa yang sedang berbicara tanpa perlu mengajukan pertanyaan atau meminta klarifikasi.

8. Online/Offline Switch

Aplikasi handy talky Digitalkie juga dilengkapi dengan  fitur online offline switch sehingga pengguna dengan cepat dan mudah beralih antara mode online dan offline sesuai dengan kebutuhan pengguna. Saat pengguna berada dalam mode online, mereka dapat terhubung dan berkomunikasi secara real-time dengan anggota tim atau rekan kerja mereka, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, atau berpartisipasi dalam panggilan konferensi. 

Saat pengguna beralih ke mode offline, mereka dapat menyimpan pesan dan informasi secara lokal pada perangkat mereka, bahkan ketika tidak ada koneksi internet yang tersedia. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan dan konten yang telah disimpan sebelumnya, bahkan dalam kondisi terputus dari jaringan, dan kemudian mengirimkan pesan tersebut saat koneksi internet pulih.

Platform HT Digital

Keunggulan Aplikasi Handy Talky Digitalkie

Selain berbagai fitur diatas, untuk mendukung proses komunikasi dan kolaborasi di lingkungan kerja, Digitalkie juga didukung dengan sejumlah keunggulan yang signifikan. Simak penjelasan lengkap mengenai keunggulannya berikut ini:

1. Komunikasi Langsung dan Real-Time

Aplikasi handy talky Digitalkie memungkinkan pertukaran informasi secara instan dan responsif. Melalui fitur-fitur seperti chat, panggilan suara, atau panggilan video, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dengan cepat dan signifikan.

Saat Anda diharuskan mengambil keputusan secara cepat, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi melalui panggilan suara atau push-to-talk (PTT) untuk berdiskusi secara langsung tanpa menunggu balasan pesan teks. Begitu juga, fitur chat yang real-time memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan secara langsung, mengadakan diskusi grup, atau berbagi informasi penting dalam waktu nyata.

2. Fleksibilitas Komunikasi

Menggunakan Digitalkie, Anda dapat memilih berbagai saluran komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan, baik melalui chat, panggilan suara, atau panggilan video. Ini memberikan fleksibilitas dalam berkomunikasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan situasional.

3. Keamanan Data

Keamanan data adalah aspek yang sangat penting dalam penggunaan aplikasi handy talky. Digitalkie dirancang dengan berbagai fitur keamanan yang bertujuan untuk melindungi data pengguna dan memastikan bahwa informasi yang dipertukarkan melalui platform ini tetap aman dan terlindungi. 

Hal ini mencakup enkripsi end-to-end untuk melindungi pesan dan data yang dikirimkan antara pengguna. Ini berarti pesan dienkripsi pada perangkat pengirim dan hanya dapat didekripsi oleh penerima yang dituju, sehingga mengurangi risiko intersepsi atau pembacaan pesan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.

Selain terenkripsi, Digitalkie juga menyediakan kontrol akses yang ketat, yang memungkinkan administrator untuk mengatur hak akses pengguna sesuai dengan peran dan tanggung jawab mereka. Hal ini akan membantu mencegah akses yang tidak sah terhadap informasi sensitif atau penting.

4. Efektivitas Kolaborasi

Fitur-fitur kolaborasi yang ada pada Digitalkie, seperti kemampuan untuk berbagi file, membuat grup atau kanal komunikasi, serta melacak dan pengelolaan proyek bersama, memungkinkan tim untuk bekerja bersama secara efektif meskipun berada di lokasi yang berbeda.

5. Manajemen Tanggap Darurat

Digitalkie dibekali dengan fitur-fitur yang mendukung pengelolaan tanggap darurat seperti tombol sos dan laporan kejadian. Hal ini tentunya memberikan kemampuan untuk merespons dan mengelola situasi darurat atau keadaan kritis dengan cepat dan lebih efektif.

6. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Skalabilitas dan fleksibilitas adalah dua aspek penting yang dimiliki oleh aplikasi handy talky Digitalkie. Digitalkie memungkinkan kualitas komunikasi Anda untuk berkembang dan beradaptasi dengan berbagai kebutuhan dan perubahan dalam lingkungan kerja.

Menggunakan aplikasi Digitalkie, Anda dapat meningkatkan skalabilitas seperti menangani peningkatan jumlah pengguna, volume data dan lain sebagainya. Selain itu Digitalkie juga mendukung fleksibilitas komunikasi, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan atau industri.

7. User Friendly

Digitalkie hadir dan di desain agar mudah digunakan atau ramah pengguna. Hal ini membuat penggunaan aplikasi handy talky Digitalkie menjadi mudah dipahami oleh pengguna dari berbagai latar belakang dan tingkat keahlian.

8. Integrasi yang Mudah

Kebutuhan komunikasi setiap perusahaan maupun industri yang beragam dan berbeda, Digitalkie dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem lainnya. Misalnya integrasi dengan sistem manajemen informasi maupun perangkat IoT. Hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas komunikasi dan informasi yang dihasilkan. 

9. Efisiensi Operasional

Dibekali dengan fitur-fitur pendukung, Digitalkie dapat menjadi alat komunikasi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi operasional komunikasi industri. Ini membantu dalam mengurangi waktu, biaya, dan upaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari, serta meningkatkan produktivitas dan kinerja keseluruhan tim dan organisasi.

Kelebihan Aplikasi Handy Talky Digitalkie Dibanding HT Konvensional

Apakah Anda sudah mulai berpikir untuk beralih menggunakan aplikasi handy talky? Dan apakah menggunakan aplikasi jauh lebih efektif dibandingkan dengan HT konvensional pada umumnya? Mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkap berikut ini:

1. Biaya Lebih Rendah

Bila dibandingkan dengan HT konvensional yang cenderung membutuhkan investasi lebih pada perangkat keras, Digitalkie jauh lebih terjangkau. Tentunya ini menjadi pilihan tepat untuk lebih menghemat biaya untuk perusahaan atau industri yang memerlukan solusi komunikasi yang efektif.

2. Fleksibilitas Platform dan Fitur

Aplikasi Digitalkie dapat diunduh dan diinstal di berbagai perangkat seperti ponsel pintar maupun tablet. Kemudahan ini tentunya memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya. Artinya pengguna dapat mengakses fungsionalitas HT di ponsel pintar tanpa menambah perangkat tambahan.

Dari segi fitur, Digitalkie memberikan lebih banyak fitur dibanding HT konvensional. Hal ini tentunya dapat memperluas penggunaan dan memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih banyak hal dengan satu platform.

3. Integrasi

Aplikasi handy talky Digitalkie dapat diintegrasikan dengan berbagai teknologi modern lainnya, seperti sistem manajemen informasi atau perangkat IoT. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menciptakan ekosistem teknologi yang terintegrasi dan efisien.

4. Jangkauan Komunikasi Lebih Luas

Digitalkie dapat diunduh dan digunakan di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat berkomunikasi secara internasional. Sehingga aplikasi ini bisa menjadi solusi yang lebih mudah diakses dan digunakan oleh individu atau organisasi yang beroperasi secara global.

Fitur Advance Dashboard Monitoring Aplikasi Handy Talky Digitalkie

Selain berbagai fitur-fitur dan kelebihan aplikasi Digitalkie yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi handy talky ini juga dilengkapi dengan fitur dashboard atau dispatcher sehingga meningkatkan kualitas komunikasi dan informasi yang dihasilkan. 

1. Dashboard Activity

Fitur dispatcher yang pertama adalah dashboard activity, fitur ini menampilkan secara detail, lengkap dan terperinci mengenai jumlah user anggota yang terhubung, saluran-saluran komunikasi yang terdaftar, riwayat SOS yang telah dilaporkan serta total storage yang digunakan.

2. Tracking Lokasi

Pengguna aplikasi handy talky Digitalkie juga dimungkinkan dalam monitoring atau pelacakan lokasi anggota tim. Fitur ini memberikan informasi detail mengenai nama anggota, channel mana yang terhubung, waktu serta titik koordinat lokasi yang akurat. Anda dimungkinkan untuk memastikan anggota Anda sudah pada posisi atau lokasi yang sesuai berdasarkan tugasnya.

3. Riwayat SOS

Dilengkapi dengan kemudahan SOS button, Digitalkie juga hadir dengan dashboard monitoring untuk mengelola setiap riwayat maupun pelacakan sinyal SOS yang dikirimkan oleh anggota di lapangan. Berbagai data laporan dapat dilihat secara detail baik dari nama pengirim sinyal SOS, channel yang tergabung, waktu pengiriman sinyal SOS hingga status penanganannya.

4. Activity

Selain dapat digunakan oleh tim lapangan, Anda yang bertugas di back office tetap diberikan akses untuk mengetahui semua aktivitas lapangan yang berjalan. Salah satunya dengan kemudahan pemantauan aktivitas tim yang tergabung dalam channel. 

Dengan mudah, Anda dapat mengetahui informasi secara lebih detail melalui rekaman percakapan yang dapat didengarkan kembali, serta riwayat posisi pada satu halaman dashboard monitoring.

5. Event Report

Kemudahan selanjutnya adalah, Anda dapat melihat secara jelas dan detail mengenai kejadian dari situasi maupun kondisi di lokasi kerja yang telah dilaporkan melalui dashboard monitoring. Informasi-informasi ini mencakup lokasi, waktu kejadian, deskripsi kejadian hingga bukti kejadian.

Industri Apa yang Cocok Menggunakan Aplikasi Handy Talky?

Aplikasi handy talky Digitalkie adalah solusi komunikasi serbaguna (one stop communication) yang dapat digunakan dalam berbagai industri. Tidak hanya berkat fitur atau kemudahan komunikasi antar tim lapangan, Digitalkie juga berperan menjembatani pertukaran informasi dengan tim backoffice. Lalu industri apa saja yang cocok menggunakannya?

1. Kawasan Industri

Digitalkie dapat digunakan untuk berkomunikasi antara departemen operasional dalam memastikan pelayanan kawasan berjalan dengan baik dan efisien. 

2. Konstruksi

Aplikasi ini juga memungkinkan pengawas, insinyur, dan pekerja lapangan untuk berkomunikasi secara langsung, memfasilitasi koordinasi proyek yang lebih baik dan mengurangi risiko kesalahan. 

3. Logistik dan Transportasi

Aplikasi handy talky memungkinkan pengemudi dan staf layanan pelanggan untuk berkomunikasi dengan cepat dan efisien, memastikan pengiriman barang yang tepat waktu dan pengelolaan operasional yang lancar. 

4. Jasa Pengamanan

Digitalkie dapat digunakan untuk berkomunikasi antara petugas keamanan, pemantauan keamanan atau yang lebih dikenal dengan tugas turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli) sehingga komunikasi dan koordinasi yang dilakukan dapat lebih efektif, tanggap dan cepat.

5. Retail dan Hospitality

Selain itu, Digitalkie juga dapat digunakan untuk komunikasi dalam dunia retail maupun hospitality untuk mempercepat pelayanan kepada pelanggan sehingga menunjang kepuasan mereka.

Dengan demikian, aplikasi handy talky adalah alat yang sangat serbaguna yang dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dan operasional dalam berbagai industri Anda. Ingin beralih dan bertransformasi menggunakan aplikasi Digitalkie? Hubungi tim Digitalkie sekarang!

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?