6 Rekomendasi Handy Talky Jarak Jauh untuk Optimalkan Tim Anda - Digitalkie

6 Rekomendasi Handy Talky Jarak Jauh untuk Optimalkan Tim Anda

by | Apr 24, 2024 | Aplikasi HT Digital

Handy talky jarak jauh menyimpan banyak fungsi yang bisa meningkatkan komunikasi tim lapangan Anda! Berikut ini 6 Rekomendasinya!

Ketika Anda bekerja di lapangan yang cukup luas atau di sebuah perusahaan yang membutuhkan alat komunikasi kerja dengan jarak yang sangat jauh, memiliki perangkat komunikasi yang bisa diandalkan tentunya menjadi kebutuhan yang penting. Karenanya, tidak jarang kita menjumpai pekerja-pekerja maupun tim lapangan dibekali dengan perangkat komunikasi handy talky (HT) untuk menjalin koordinasi. Akan tetapi, nampaknya handy talky analog atau konvensional memiliki keterbatasan jangkauan komunikasi yang kerap kali menghambat proses komunikasi dan koordinasi tim lapangan.

Perlu Anda ketahui bahwa kemampuan jangkauan ini pun juga sering terhalang oleh beberapa faktor seperti luas area, hingga faktor lingkungan seperti adanya penghalang (gedung, pohon, dll) bahkan suhu disekitar. Faktor-faktor inilah yang dapat mempengaruhi jangkauan handy talky berkurang.

Rekomendasi Handy Talky Jarak Jauh

Namun, seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi, handy talky tradisional telah berevolusi menjadi handy talky jarak jauh yang berbasis aplikasi. Tidak perlu tambahan perangkat keras lagi, berkat teknologi aplikasi Anda sudah dapat menggunakannya melalui ponsel pintar Anda. Bahkan sampai saat ini telah banyak pengguna yang mulai beralih dari HT konvensional ke aplikasi HT yang lebih modern.

Berikut ini enam rekomendasi handy talky jarak jauh untuk mengoptimalkan Bisnis Anda.

1. Digitalkie

Aplikasi Handy Talky Android Digitalkie

Digitalkie adalah aplikasi handy talky jarak jauh yang dapat digunakan sebagai solusi komunikasi. Ini adalah digital push-to-talk yang membantu koordinasi dan komunikasi tim melalui percakapan suara secara realtime. 

Digitalkie menggunakan konektivitas dan jaringan internet dalam penggunaannya, sehingga jangkauan komunikasi Anda tidak terbatas. Tidak hanya dapat digunakan di lapangan atau area kerja yang luas, Digitalkie bahkan dapat digunakan pada skala global internasional.

Digitalkie didesain secara khusus untuk kebutuhan enterprise didukung oleh berbagai fitur-fitur yang lengkap untuk memudahkan melakukan koordinasi, komunikasi, produktivitas dan pengelolaan data komprehensif untuk aktivitas personal bisnis. Digitalkie tidak hanya dapat digunakan untuk operasional tim lapangan saja namun juga dapat digunakan oleh tim admin atau supervisor bahkan petinggi perusahaan karena Digitalkie dilengkapi dengan aplikasi backoffice sebagai dashboard monitoring tim.

Digitalkie dibekali dengan fitur frontliner yang digunakan oleh tim lapangan dan dispatcher untuk aplikasi backoffice. Fitur frontliner adalah serangkaian fitur yang berfungsi untuk memudahkan kegiatan operasional tim secara keseluruhan dilapangan. Sedangkan dispatcher merupakan serangkaian fitur yang mendorong operasional backoffice seperti monitoring, analitik, statistik dan tracking. Artinya koordinasi antar tim lebih produktif dan optimal.

Fitur dan Benefit Digitalkie

Frontliner dilengkapi dengan kemudahan tombol push-to-talk, perpindahan saluran percakapan, pengiriman pesan melalui chat multimedia, tracking lokasi, kecepatan penanganan darurat, rekaman suara, pembuatan laporan kejadian dan benefit-benefit lain yang dapat meningkatkan kualitas komunikasi Anda dan tim.

Selain itu, Digitalkie juga sudah dilengkapi dengan fitur dispatcher berupa dashboard untuk mengelola dan memantau jalannya komunikasi dan seluruh aktivitas di lapangan. Mulai dari kemudahan pelacakan tim secara realtime, pengaturan saluran percakapan, riwayat aktivitas, laporan SOS, pengaturan wilayah, kontrol penuh tim dan masih banyak lagi.

Apabila Anda memiliki banyak tim dengan personil yang banyak, Digitalkie memberikan fleksibilitas dari segi fitur dan jumlah pengguna. Sehingga Anda dapat menyesuaikan fitur, jumlah user hingga biaya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan operasional tim Anda. 

Digitalkie adalah handy talky jarak jauh yang sangat cocok digunakan untuk kebutuhan industri maupun hal-hal khusus. Mulai dari kawasan industri, konstruksi, jasa pengamanan, retail, hospitality hingga logistik. Selain itu, Digitalkie juga bisa digunakan untuk acara khusus seperti event-event yang membutuhkan koordinasi tim.

Platform HT Digital

2. Side2Talk

Handy Talky Jarak Jauh Side2Talk

Side2Talk merupakan aplikasi handy talky jarak jauh yang memanfaatkan jaringan Wifi lokal untuk berkomunikasi dua arah untuk sesama pengguna aplikasi. Aplikasi ini dirancang agar digunakan sebagai intercom Wifi di rumah Anda dan di kantor.

Fleksibilitas ini memungkinjan Anda untuk berkomunikasi pada group tertutup, Anda juga dapat mengirim pesan berupa teks ke semua pengguna pada group tersebut. Sehingga Anda tidak hanya dapat berkomunikasi melalui pesan suara tetapi juga melalui chat.

3. HalloShift

Aplikasi Handy Talky Android Hello Shift

Tidak seperti yang lainnya, HalloShif merupakan aplikasi dirancang khusus untuk mengoptimalkan pelayanan hotel yang menggantikan mekanisme kerja tradisional. HalloShif memiliki kemampuan dalam mengganti catatan tulisan tangan dan notes.

Aplikasi ini juga membantu pihak manajemen hotel dalam mengatur pengalaman terbaik untuk pengunjung misalnya dengan pengiriman salam, penawaran terbaru dan beberapa pesan feedback. Hal ini tentunya membantu bisnis hotel dapat melakukan beberapa pekerjaan. 

4. AINA Small Talk

Aplikasi Handy Talky Android AINA

Aina merupakan sarana handy talky jarak jauh yang memberikan kemungkinan kepada pengguna untuk dapat berkomunikasi secara lebih mudah dan instan. Tim Anda dapat dengan mudah melakukan pemasangan aplikasi melalui ponsel pintar mereka masing-masing. 

Berkat dukungan fitur tombol darurat, Amda dapat memastikan dukungan keamanan kerja untuk tim Anda. AINA Small Talk memungkikan panggilan individu ke anggota tim lain serta menerima permintaan panggilan. 

5. Walkietooth 

Aplikasi Handy Talky Android Walkietooth

Walkietooth merupakan aplikasi yang dapat menjalankan fungsi HT tradisional melalui ponsel pintar Anda. Aplikasi ini akan berfungsi ketika terdapat Wifi, data seluler maupun jaringan bluetooth yang akan membantu Anda dalam berkomunikasi.

Selain itu, Anda dapat melakukan panggilan audio serta video, pemantauan, dan berbagi data maupun informasi.  Sayangnya, Walkietooth memiliki keterbatasan konektivitas jarak yang cukup jauh, sehingga hanya dapat digunakan dan menghubungkan dua ponsel secara bersamaan.

6. TwoWay

Aplikasi Handy Talky Android Two Way

TwoWay merupakan aplikasi handy talky jarak jauh yang dapat digunakan tanpa membuat akun. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik dengan ketersediaan konektivitas internet. Sayangnya fitur-fitur yang ditawarkan masih cukup sederhana dan interface yang dimiliki pun demikian sederhana.

Faktor-Faktor yang Wajib Dipertimbangkan Saat Memilih Handy Talky

Apabila Anda sudah membaca dengan seksama mengenai beberapa rekomendasi handy talky jarak jauh, pastikan Anda sudah memahaminya dengan seksama. Selain itu Anda juga wajib memastikan perangkat handy talky yang Anda pilih sudah mampu menjawab seluruh kebutuhan komunikasi tim di lapangan.

Sebelum Anda memilih menggunakan aplikasi handy talky jarak jauh, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan seperti:

1. Kompatibilitas

Kompatibilitas adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Aplikasi yang Anda pilih haruslah memiliki keserasian dengan berbagai perangkat maupun sistem operasi dalam memastikan komunikasi tim Anda tetap berjalan secara lancar.

2. Kredibilitas

Kredibilitas atau keandalan merupakan faktor penting lainnya. Dimana aplikasi yang Anda pilih haruslah memiliki koneksi yang stabil untuk memastikan komunikasi tidak terputus. Aplikasi juga harus memberikan saluran komunikasi yang aman guna melindungi informasi yang bersifat rahasia dari akses maupun intersepsi yang ilegal.

3. Skalabilitas

Ini merupakan faktor yang amat penting apabila Anda ingin mengantisipasi kebutuhan untuk memperluas tim maupun jaringan komunikasi di masa mendatang. Karenanya aplikasi harus mampu memberikan akomodasi banyaknya pengguna tanpa harus mengurangi performa maupun fitur pendukungnya.

4. Fungsionalitas

Dalam hal fungsionalitas, aplikasi yang Anda pilih hendaknya mampu menawarkan serangkaian fitur yang dapat memenuhi kebutuhan industri Anda secara spesifik. Mulai dari pesan group, pelacakan lokasi dan berbagi lampiran.

5. Biaya

Meskipun memilih aplikasi handy talky jarak jauh harus sesuai dengan kebutuhan, faktor biaya juga perlu Anda perhatikan. Pastikan aplikasi pilihan Anda sesuai dengan anggaran budget yang telah ditentukan.

Revolusi Strategi Komunikasi Bisnis Anda dengan Handy Talky

Sebagai salah satu strategi komunikasi modern, beralih menggunakan handy talky berbasis aplikasi merupakan pilihan dan keputusan yang tepat. Selain memperbaharui cara komunikasi, aplikasi handy talky juga menjadi salah satu pendorong untuk meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan.

Saat memilih aplikasi handy talky jarak jauh untuk industri Anda, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan faktor-faktor seperti kompatibilitas, kredibilitas, skalabilitas, fungsionalitas dan biayanya. Hal ini dimaksudkan agar solusi komunikasi yang Anda pilih betul-betul dapat menjawab kebutuhan komunikasi pada bisnis maupun industri Anda. 

Awali langkah awal Anda untuk merevolusi strategi komunikasi bisnis saat ini juga!

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?