Bedah Platform HT Digital untuk Optimalisasi Tugas Turjawali Perusahaan Jasa Pengamanan - Digitalkie

Bedah Platform HT Digital untuk Optimalisasi Tugas Turjawali Perusahaan Jasa Pengamanan

by | Oct 23, 2023 | Aplikasi HT Digital, Digitalkie, HT Digital, Komunikasi Lapangan

Dalam dunia pengamanan atau security tentunya familiar dengan istilah turjawali yang sudah menjadi tugas dari satuan pengamanan (Satpam). Turjawali merupakan singkatan dari pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli yang dilakukan oleh personil pengamanan dalam menjaga keamanan karyawan, aset perusahaan dan objek pengamanan lainnya.

Tentunya komunikasi tim menjadi sangat krusial untuk memastikan koordinasi berjalan efektif dan responsif dalam segala situasi. Karenanya kebutuhan komunikasi turjawali harus memenuhi beberapa faktor seperti komunikasi real-time, keamanan penyampaian informasi dan dapat dipertanggung jawabkan.

Handy Talky Sebagai Pendukung Komunikasi dan Koordinasi Tim

Untuk menjalankan tugas di lapangan, tentu kita familiar dengan radio komunikasi yang dikenal dengan handy talky (HT). HT adalah tool komunikasi push-to-talk yang menggunakan sinyal radio dalam mengirimkan suara.

Memasuki era digitalisasi, HT juga seolah tak lepas dari pengaruh proses digitalisasi ditandai dengan munculnya HT digital. Lebih dari sekedar sarana komunikasi, HT digital tampaknya memiliki kelebihan khusus yang memberikan banyak manfaat bagi setiap usernya khususnya solusi untuk jasa pengamanan.

Keunikan HT Digital untuk Digunakan di Industri Jasa Pengamanan

Platform HT Digital

Source : digitalkie.id

a. Jangkauan Komunikasi Tak Terbatas

Tidak seperti HT yang digunakan tim pengamanan pada umumnya yang memiliki keterbatasan jarak komunikasi, HT digital mampu menjangkau komunikasi tanpa batasan jarak. Hal ini memungkinkan antar personil melakukan percakapan walaupun jarak jauh, karena hanya menggunakan jaringan internet dalam pengoperasiannya.

b. Dapat Digunakan Untuk Semua Device

Tidak ada persyaratan secara khusus dalam menggunakan HT digital. Cukup dengan menginstal di ponsel pintar yang dimiliki user baik Android, IOS maupun perangkat rugged lainnya. Ini artinya personel langsung melakukan instal di device mereka tanpa dibekali lagi device khusus dalam penggunaannya.

c. Keamanan Penggunaan

Dalam melaksanakan tugas turjawali, keamanan merupakan faktor krusial yang sangat diutamakan. Pasalnya, ada banyak informasi sensitif dan bersifat rahasia yang harus dijaga dan diutamakan keamanannya. 

HT digital hadir dengan menggunakan protokol SRTP (Secure Real-time Transport Protocol), sehingga komunikasi maupun percakapan antar personil yang berlangsung terenkripsi dengan baik dan bebas dari intersepsi dan intervensi.

d. Lebih Dari Sekedar Komunikasi

HT digital memiliki kelebihan tersendiri dari segi kegunaannya. Tidak hanya sebagai sarana push-to-talk saja namun juga dapat memfasilitasi berbagai kegiatan turjawali sehingga berjalan lebih optimal. Hal ini dikarenakan HT digital memiliki manajemen terpusat dalam mengelola seluruh kegiatan.

Dari segi pembagian tugas, HT digital memungkinkan user yang bertindak sebagai admin untuk mengelola list pengguna serta saluran percakapan. Artinya, admin dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi list pengguna maupun saluran percakapan.

HT digital juga dibekali dengan kemudahan melakukan tracking lokasi dan pengiriman sinyal sos yang memungkinkan user dalam hal monitoring kegiatan. Hal ini memungkinkan personel untuk mengirim dan menerima sinyal sos ketika terdapat kondisi darurat. Adanya benefit ini tentunya memberikan fleksibilitas untuk bertindak maupun mengambil keputusan.  

Memilih dan menggunakan platform HT digital yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis merupakan langkah yang krusial terutama pada perusahaan jasa keamanan. Perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhan komunikasi mereka dan benefit apa saja yang bisa didapat dengan menggunakan platform HT digital. Sehingga komunikasi yang terjadi benar-benar efektif dan efisien.

Apa itu aplikasi Digitalkie

Solusi HT POC Digital dengan benefit terbaik untuk bisnis Anda. Efisiensi, efektivitas, skalabilitas serta total kontrol untuk koordinasi dan komunikasi tim lapangan Anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?