Tracking Anggota Tim Lapangan dengan Digitalkie - Digitalkie

Tracking Anggota Tim Lapangan dengan Digitalkie

by | Jul 24, 2023 | Android Push To Talk, Digitalkie

Beberapa tahun yang lalu, mungkin masih populer dengan penggunaan radio HT untuk komunikasi tim lapangan. Namun, saat ini banyak organisasi telah meninggalkan cara lama tersebut dan beralih ke metode lebih modern dengan memanfaatkan keberadaan teknologi. Dengan semakin berkembangnya transformasi digital, sudah banyak dikembangkan software aplikasi yang berfungsi seperti radio HT namun dalam bentuk digital.

Dalam sebuah tim lapangan, terkadang sulit untuk melacak keberadaan anggota tim yang sedang bekerja di lapangan. Oleh karena itu, aplikasi push to talk dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Dengan aplikasi ini, anggota tim lapangan dapat terus terhubung dan saling berkomunikasi secara real-time, bahkan jika mereka berada di lokasi yang berbeda.

Aplikasi push to talk memungkinkan anggota tim lapangan untuk berbicara langsung dengan satu sama lain hanya dengan menekan tombol pada ponsel atau perangkat lain yang kompatibel. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melacak keberadaan anggota tim, memastikan bahwa mereka selalu berada di lokasi yang tepat dan bekerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan demikian, penggunaan aplikasi push to talk dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja tim lapangan, serta meminimalkan risiko terjadinya kesalahan atau keterlambatan dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka.

Apa itu Aplikasi Push to Talk?

Aplikasi push to talk adalah aplikasi mobile yang memfasilitasi pengguna untuk berkomunikasi satu dengan yang lain secara instan melalui pesan suara. Cara kerja aplikasi push to talk mirip seperti walkie-talkie atau radio HT, dimana pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol berlabel push to talk atau tombol dengan gambar mikrofon untuk mengaktifkan mikrofon dan mengirimkan pesan suara tersebut.

Kemudian Anda hanya perlu melepas tekanan pada tombol untuk mendengarkan respon dari pengguna lain di dalam kanal. Aplikasi push to talk bisa digunakan pada smartphone, tablet, dan gawai kompatibel lainnya. Gawai perlu terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau mempunyai data seluler untuk mentransmisi pesan suara secara real-time.

Apa itu Digitalkie?

Digitalkie merupakan sebuah software aplikasi yang hadir sebagai solusi aplikasi walkie talkie digital untuk perusahaan di berbagai macam industri. Digitalkie adalah solusi aplikasi digital push to talk untuk membantu komunikasi lapangan tim operasional dengan lebih efektif dan efisien secara real-time.

Solusi komunikasi menggunakan Digitalkie dapat mendukung banyak sektor industri. Digitalkie membantu manajemen komunikasi dan koordinasi event. Penggunaan Digitalkie untuk event lebih efisien dengan adanya fitur multi channel yang membantu alur komunikasi yang lebih jelas dan terarah tentunya.

Untuk pengelolaan kawasan industri, komunikasi dengan Digitalkie bahkan bisa dilakukan 24 jam. Digitalkie memfasilitasi percakapan push to talk multichannel, rekaman percakapan, hingga tata kelola manajemen pengguna dalam jumlah yang banyak. Sehingga, aplikasi ini menjadi lebih efektif, efisien, dan ramah di kantong untuk pengelolaan kawasan industri.

Pada perusahaan konstruksi misalnya, Digitalkie mampu memfasilitasi koordinasi dan komunikasi tim lapangan. Aplikasi Digitalkie berfungsi sebagai HT digital untuk kelancaran komunikasi operasional lapangan proyek. Aplikasi ini membantu pimpinan proyek untuk memastikan bahwa tim lapangan selalu memonitor instruksi maupun koordinasi dari antar pekerja, pengawas, maupun officer proyek konstruksi.

Kemudian dalam industri perhotelan dan mall, Digitalkie dapat mendukung koordinasi personel keamanan dan staff. Penggunaan aplikasi Digitalkie memudahkan koordinasi melalui percakapan dalam satu area tertentu. Industri seperti hotel dan juga shopping mall pasti membutuhkan banyak jalur komunikasi demi kelancaran operasional pelayanan, sehingga kehadiran Digitalkie mampu menunjang personel keamanan dan staff untuk berkomunikasi dengan efektif dan efisien secara real-time.

Keunggulan Digitalkie Dibandingkan dengan Radio HT Konvensional

Jika dibandingkan dengan radio HT konvensional, aplikasi digital push to talk Digitalkie memiliki lebih banyak keunggulan dari berbagai segi aspek. Berikut keunggulan-keunggulan yang dimiliki Digitalkie secara lebih detail:

  • Privasi: hanya anggota yang memiliki ijin atau akses saja yang bisa berpartisipasi dalam komunikasi di sebuah kanal. Dengan begitu, maka meminimalisir penyadapan. Non anggota tidak bisa menyadap percakapan.
  • Tanpa izin frekuensi: Digitalkie tidak memerlukan izin postel frekuensi radio dan pendaftaran perangkat karena hanya membutuhkan sinyal internet.
  • Pelacakan: aplikasi ini mampu memonitor lokasi anggota secara real-time berbasis GPS.
  • Jangkauan: radio HT konvensional harus menambah repeater untuk komunikasi jarak jauh, sedangkan Digitalkie hanya membutuhkan sinyal internet saja.
  • SOS: posisi detail pengirim SOS dapat diketahui dengan mudah dan cepat.
  • Multimedia chat: aplikasi Digitalkie mempunyai fitur multimedia chat yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan multimedia berupa teks, gambar, maupun dokumen.
  • Dashboard: terdapat satu dashboard yang berfungsi untuk mengontrol, memonitor, dan menjadi sumber data seluruh aktivitas anggota lain.

Fitur-fitur Digitalkie

Aplikasi push to talk Digitalkie memiliki banyak keunggulan karena fitur-fitur apik yang tercakup di dalamnya. Digitalkie dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang mampu mendukung komunikasi tim dengan efektif dan efisien sesuai kebutuhan secara real-time. Berikut fitur-fitur yang ada di aplikasi Digitalkie:

  • Real-time Push to Talk Communication

Fungsi utama dari aplikasi Digitalkie yaitu untuk komunikasi suara secara real-time push to talk dengan menggunakan jaringan internet yang cepat, user interface yang ramah pengguna, dan pengoperasiannya yang mudah dan sederhana.

  • Channel Selection

Anda bisa memilih jalur komunikasi yang dibutuhkan melalui kanal yang telah dibuat oleh operator perusahaan melalui aplikasi mobile.

  • Pesan Teks dan Multimedia

Aplikasi ini dibekali dengan fitur pesan teks dan multimedia seperti foto dan juga dokumen lainnya yang mendukung kelancaran komunikasi dan koordinasi anggota tim.

  • SOS Emergency Button

Yang tidak kalah penting, aplikasi Digitalkie juga dilengkapi dengan fitur krusial untuk mengirimkan sinyal darurat ke seluruh anggota tim dan operator untuk mendapatkan respon dan tindakan yang cepat saat terjadi keadaan darurat tertentu.

  • Running in Background

Aplikasi ini bisa berjalan tanpa membuka aplikasi sehingga pesan suara maupun chat secara real-time dapat bekerja dengan instan dan praktis.

  • Fitur Back Office dan Dashboard

Fitur back office dan dashboard mencakup manajemen pengguna, membuat saluran percakapan, melacak koordinat anggota tim, melacak indoor mapping, dan statistik serta riwayat anggota tim.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Digitalkie dalam Tracking Anggota Tim Lapangan

Aplikasi Digitalkie adalah sebuah tool yang sangat multifungsi untuk tracking anggota tim lapangan karena aplikasi ini mendukung komunikasi yang efisien, pemetaan lokasi, dan tracking anggota tim lapangan secara real-time. Seperti yang sudah disebutkan bahwa Digitalkie mempunyai fitur back office dan dashboard yang mencakup pelacakan koordinat anggota tim dan juga indoor mapping, serta statistik dan riwayat anggota tim. Sehingga sangatlah mudah untuk melakukan tracking anggota tim lapangan dengan menggunakan aplikasi Digitalkie.

Dengan implementasi penggunaan aplikasi Digitalkie, manajer dan koordinator dapat memonitor pergerakan dan aktivitas anggota tim untuk memastikan bahwa mereka di lokasi yang tepat dan melaksanakan tugas mereka sesuai jadwal. Dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan cepat dan mudah secara real-time, anggota tim dapat juga saling berkoordinasi satu sama lain dengan lebih efektif sehingga meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Selain itu, tracking lokasi dan fitur pemetaan aplikasi Digitalkie juga dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan anggota tim karena memungkinkan respon cepat dan bantuan jika terjadi situasi darurat atau kecelakaan. Aplikasi Digitalkie sangat direkomendasikan bagi perusahaan karena menjadi solusi terpercaya untuk pelacakan anggota tim lapangan, menyediakan jangkauan luas keuntungan yang dapat meningkatkan komunikasi, keamanan, dan efisiensi kerja tim lapangan.

Yuk, registrasi aplikasi Digitalkie sekarang juga.

Apa itu aplikasi Digitalkie

Solusi HT POC Digital dengan benefit terbaik untuk bisnis Anda. Efisiensi, efektivitas, skalabilitas serta total kontrol untuk koordinasi dan komunikasi tim lapangan Anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?